TOP 5 STRATEGI MARKETING DI ERA
DIGITAL
CATEGORIES DIGITAL MARKETING
Strategi marketing merupakan hal yang sangat
penting, terlebih di era digital saat ini. Dengan makin canggihnya teknologi,
perusahaan saling bersaing mempromosikan brand mereka dengan berbagai cara.
Sosial media marketing merupakan salah satu
jenis promosi paling efektif saat ini. Selain penggunaannya yang terbilang
cukup mudah, biaya yang dibutuhkan untuk menjalankannyapun tergolong murah.
Selain sosial media marketing, dalam ledakan
teknologi dan sosial media ini muncul 5 jenis strategi marketing yang sedang
trend dan perlu untuk Anda kuasai.
Content marketing
Konten marketing sekarang menjadi fokus utama
banyak perusahaan karena konten berperan penting dalam performa marketing brand
dalam sosial media, multimedia, search, dan mobile. Banyak perusahaan yang
masih belum menyadari betapa pentingnya content marketing untuk kemajuan bisnis
yang mereka tengah jalani. Padahal, digital marketing yang baik tidak terlepas
dari content marketing yang juga baik tentunya.
Mobile marketing
Tingginya angka pengguna smartphone dan tablet
harus ditanggapi dengan serius. Hal ini berarti bahwa pesan pemasaran serta
konten untuk platform mobile menjadi sebuah keharusan. Dari perangkat kecil
tersebut banyak konsumen yang membaca konten, menerima email bahkan membeli
produk. Oleh sebab itu, desain ulang website dan blog agar responsif dengan
perangkat mobile menjadi keharusan saat ini.
Integrated digital marketing
Agar promosi Anda dapat berhasil, penting bagi
Anda untuk memastikan bahwa setiap pendekatan yang dilakukan memberikan
kemungkinan untuk mengikat seluruh komponen digital marketing Anda secara
bersamaan.
Personalized marketing
Kini, pendekatan yang digunakan oleh berbagai
perusahaan adalah pendekatan secara personal. Hal ini berbeda dengan pendekatan
marketing yang ada di media-media konvensional dan televisi yang terkesan
massive.
Contoh yang paling nyata dari personalized
marketing adalah di situs-situs e-commerce maupun blast e-mail yang
menyesuaikan dengan iklan dan user interface demi kepentingan konsumen yang
relevan.
Saat Anda mengunjungi sebuah e-commerce lalu
Anda melakukan kunjungan lagi di kemudian hari, website tersebut akan otomatis
mengetahui barang seperti apa yang Anda cari dan menampilkannya langsung ke
Anda. Email yang datang berikutnya juga telah dipersonalisasi dengan produk
yang telah Anda kunjungi ketika berbelanja online.
Web akan menangkap kebiasaan Anda seperti
membaca data, menyajikan informasi yang relavan dan menerapkan intelegensi.
Trend yang satu ini didorong oleh teknologi dengan menggunakan “big data”
sehingga dapat meningkatkan efektivitas marketing.
Visual marketing
Pertama kali kita melihat lanskap visual
marketing adalah beberapa tahun yang lalu ketika YouTube hadir. Sejak saat
itulah visual marketing terus bermunculan seperti Instagram, Pinteres dan juga
Slideshare. Dalam waktu 6 bulan terakhir ini, visual marketing sudah berada
ditingkat yang baru. Anda harus bisa memanfaatkan trend marketing ini sebagai
salah satu cara untuk meningkatkan keterlibatan secara online.
Sumber:
Akses : Kamis, 25 Januari 2018
Komentar
Posting Komentar